Selasa, 16 Desember 2014

memilih universitas atau jurusan ?

Salam hangat buat temen-temen kelas xii SMA, saya harap semuanya temen-temen berbahagia untuk menghadapi unjian nasional tahun ajaran 2015 nanti kawan, saran saya nih. Ciye sok tua. Iya soalnya nih saya sudah pernah merasakan menjadi siswa kelas xii juga, tepatnya tahun lalu. Iya, saran saya untuk kalian semua yang umurnya tidak jauh beda dengan saya. Hehe.

Pertama, niatkan saja mencari ilmu di jalan Allah untuk beribadah. Seanjutnya disamping untuk menyambut kedatangan test beberapa hari yakni penentuan kelulusan dari hasil belajar kita selama masa SMA tiga tahun, bayangin deh. Belajar tiga tahun, biar tau lulus engga nya baru tau setelah empat hari itu di test nya. Hehe. Tapi santai aja buat temen-temen semuanya, belajar! Iya belajar, saya rasa belajar di tempat bimbingan belajar sangat membantu untuk kalian semua selain kita bisa semangat bertemu teman-teman baru, bertemu dengan guru-guru baru, dan penyampain ilmunya juga berbeda bukan, dengan yang ada di sekolah kalian. Dan memikirkan untuk akan kemana kita selanjutnya setelah ujian nasional dilaksanakan.

Sebenarnya memikirkan masalah universitas, sudah terlambat memkirkan di kelas akhir sekarang, pikirkan dari sebelum-sebelumnya, mungkit setidaknya mulai kelas awal SMA. Namun tak apalah, tetap semangat kawan! Kalian pikirkan, lebih pentig m
ana memilih jurusan atau universitas?
Menurut saya, setelah dulu saya bertanya kepada guru, dan orang-orang yang berpengalaman sebelumnya, semuanya sangat penting, jurusan dan universitas. bahwa apabila kita memilih atau mementingkan universitas kita harusnya memilih apa saja jurusannya, yang penting kita dapat masuk di universitas tersebut. Namun berbeda lagi dengan jika kita menginginkan jurusan, jika kita demikian bersikeras untuk mendapatkan jurusan tersebut, missal memilih jurusan kedokteran, (siapa sih yang ga tau kedokteran itu seperti apa peminatnya? hehe) ya kita coba mengambil jurusan kedokteran, dimana saja yang penting kedokteran. Universitas apapun yang penting kedokteran.

Itulah menurut saya, pentingnya universitas atau jurusan. Jikalau universitas juga bisa juga untuk mempertimbangkan kita untuk bisa mendapatkan pekerjaan, semisal PT. atau perusahaan yang mensyaratkan dari universitas negeri atau universitas ternama, itulah kenapa kita harus pintar-pintar memikirkannya sebelum-sebelumnya.
Penting jurusan? Ya. Pasti, apabila kita sudah mendapatkan jurusan yang kita idam-idamkan, kita impikan? Pastilah kita bangga dan berbahagia menjalaninya. Apabila tidak sesuai dengan jurusan yang kita inginkan, dan itu terpaksa? Kita juga bakal ada kecemasan dan penyesalan juga keterpaksaan untuk menjalaninya bukan?

Lagi satu pesan dari saya, apabila kita sudah mendapatkan jurusan apa yang telah kita dapat jalanilah saja, tekuni, kuasai, apabila dilakukan dengan baik. Pastilah mendapati hasil yang baik pula. Janganlah kita setengah-setengah, bercanda-canda, dilakukan, dijalani dengan setengah hati maka hasilnya? Begitu juga bukan, dengan sebabnya. Saya pikir, juga ada faktor sebab-akibat di dalam menjalni kehidupan ini.

Demikianlah dulu, hasil keyboard laptop dengan izin Allah di ruangan yang tak cukup  bagus dan diiringi dengan gemercik air hujan. Semoga bermanfaat teman-teman. Semangat! 

0 komentar:

Posting Komentar